Pengenalan Software GateCycle

Apa itu GateCycle?

GateCycle adalah suatu aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk kebutuhan desain dan evaluasi performance suatu pembangkit listrik termal baik pada kondisi desain maupun off-design. Aplikasi GateCycle mengkombinasikan intuisi, model berbasis gambar dengan analisis termodinamika, perpindahahan panas, proses mekanika fluida di dalam suatu sistem pembangkit, untuk mempermudah dalam desain dan analisis kompleks seperti :

  1. Analisis secara keseluruhan suatu pembangkit listrik termal atau kogenerasi. Analisis ini menghasilkan informasi penting tentang performancenya dalam semua tingkat
  2. Verifikasi tentang peformance pembangkit dari suatu vendor baik secara keseluruhan ataupun di tingkat peralatan
  3. Simulasi performance (unjuk kerja) suatu sistem eksisting pada tingkat keadaan “off-design”
  4. Prediksi efek yang terjadi terhadap perubahan pada sistem eksisting
  5. Analisis lanjut gas turbin, termasuk desainnya yang terintegrasi dengan siklus airnya

Aplikasi GateCycle telah dibuat dan dikembangkan oleh GE Energy yang disponsori Electric Power Research Institute (EPRI).

Prinsip Kerja Aplikasi GateCycle

Aplikasi GateCycle mempermudah kita untuk mendesain dan menganalisis suatu siklus pembangkit. Mendesain siklus hanya dengan memilih ikon-ikon peralatan yang tersedia di dalam toolbox dan menghubungkannya satu sama lain. Logic juga akan meyakinkan kembali apakah koneksi tersebut sesuai. Pada peralatan yang telah ditempatkan, kita memasukkan parameter padanya. Macro dan tabel juga akan mempermudah untuk memilih perhitungan dalam model GateCycle. Akhirnya, kita dapat menjalankan  model untuk mementukan unjuk kerja pembangkit secara keseluruhan. Studi kasus, untuk menganalisis berbagai tingkat keadaan operasi, dapat dengan mudah dilakukan. Utilisasi dimudahkan untuk membuat, mengkopi, back-up, dan menghapus model GateCycle atau Case model.

Definsi Model

Suatu model GateCycle terdiri atas suatu skematik diagram alir dari suatu model pembangkit yang telah dibuat. Setiap skematik diagram tersebut memiliki satu kondisi desain (reference) dan berbagai macam kondisi “off- design” yang saling terkait. Kasus desain mendefinisikan ukuran (atau parameter lainnya) suatu peralatan. Sedangkan kasus off-design digunakan untuk menganalisis perubahan performance suatu unit pembangkit terhadap perubahan kondisi.

Overview Simulasi GateCycle

Aplikasi GateCycle memberikan data yang terpandu untuk memudahkan kita dalam mencari informasi tentang pemodelan yang tepat. Di dalam Properties window, akan terdapat simbol-simbol berikut :

Gambar 1. Simbol Analisa GateCycle

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat suatu model perhitungan GateCycle :

  1. Membuat diagram model (Flow sheet)
  2. Memasukkan data pada Properties Window
  3. Eksekusi model

Refrensi : Belajar Sendiri Aplikasi GateCycle, Warhamna

Leave a Reply