Deskripsi Umum Kondensor

Fungsi dari kondenser adalah mengkondensasikan exhaust steam dalam jumlah besar pada tekanan rendah (dibawah tekanan atmospher) menggunakan air pendingin. Selain itu, kondenser juga memiliki fungsi:

  1. Mengubah condensed steam menjadi condensate.
  2. Tempat penyimpanan sementara condensate water.
  3. Sebagai titik berkumpul condensate drain yang berasal dari peralatan lain seperti dari feed water heater, steam jet air ejector (SJAE), gland steam condenser, demineralization unit dsb.
  4. Sebagai deaerasi dari condensate dengan membuang non-condensable gases seperti nitrogen, oxygen.

Kondenser terletak di bawah LP turbine dan umumnya berada pada satu lingkup dengan pondasi turbine. Gambar 1 berikut menunjukkan gambar skematis dari sistem kondenser.

KondensorGambar 1. Sistem kondenseor

Kondenser memiliki beberapa konfigurasi dan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa buah sebagaimana ditunjukkan dalam tabel 1. berikut:

Tabel 1. Klasifikasi dan Konfigurasi Kondenser

Klasifikasi KondensorBesarnya jumlah uap serta tekanan operasi kondenser yang berada bawah tekanan atmospher, menyebabkan volumetric flow uap yang tinggi. Sebagai konsekuensinya, susunan condenser tube harus didesain dengan ruang yang longgar sehingga memungkin uap mengalir ke dalam sela – sela antar tube. Contoh dari susunan tube condenser ditunjukkan pada gambar berikut:

Susunan kondensorGambar 2. Susunan dari tube condenser

Leave a Reply