Pengenalan Software Gate Cycle (Bagian 1)

GateCycle adalah software simulasi keluaran GE (General Electric) yang mengaplikasikan dan menganalisis kinerja sebuah pembangkit thermal secara terperinci berdasarkan data variabel terukur. Gate Cycle memberikan opsi bagi user untuk melakukan analisis data dengan menggunakan modeling secara “Design” dan “Off-design”, selain itu Gate Cycle dapat digunakan untuk :

  1. Merancang dan meneliti sebuah design pembangkit di setiap siklusnya. Analisis yang dihasilkan oleh Gate Cycle berupa data performance dan berbagai parameter operasi yang dihasilkan oleh design pembangkit.
  2. Melakukan simulasi data design performance untuk melakukan monitoring terhadap data performance yang diterbitkan oleh kontraktor.
  3. Melakukan analisis dan meneliti setiap usulan perubahan terhadap kondisi default sebuah unit pembangkit.
  4. Melakukan analisis dan meneliti dampak sebuah proses re-powering terhadap efisiensi unit.

Gate Cycle merupakan software berbayar (licensed) maka untuk dapat menggunakan software ini, user harus membeli license kepada pihak GE Energy Services Optimasi Software. Tetapi selain registered user (licensed User) pihak GE Service juga menyediakan pilihan Demo User, dan Trial User.

Struktur File

Sebuah model Gate Cycle terdiri dari sebuah layout fisik (Model Diagram) yang dibuat oleh user, model Diagram Gate Cycle juga dikenal sebagai flow sheet atau Proses Flow Diagram (PFD). Masing-masing model (file) minimal mempunyai 1 buah Case yang sering disebut sebagai Reference Case. Reference Case merupakan case yang menggambarkan tata letak peralatan dan koneksi masing-masing peralatan pada model tersebut, sehingga Reference Case akan mempunyai ID yang sama dengan ID modelnya.

Struktur file pada gate cycleSelain Reference Case, masing-masing model dapat terdiri dari beberapa Case yang berhubungan dengan Reference Case atau model sehingga data pada setiap Case harus tersusun dengan cara yang sama tetapi dapat memiliki inputan atau parameter operasi yang berbeda-beda.

Refrensi : Gate Cycle Manual

Leave a Reply