Perhitungan Flow Blow Down Boiler

Blow down adalah pembuangan steam (saturated) yang difungsikan untuk menjaga purity steam sebelum dirubah menjadi superheated steam, hal ini dimaksudkan agar kualitas steam superheated yang masuk ke dalam turbine sesuai dengan kebutuhan turbine sehingga tidak mengganggu material penyusun turbine. Selain itu, blow down juga berfungsi untuk membuang TDS (Total Dissolved Solids) yang melebihi batas ambang yang telah ditetapkan serta untuk membuang kelebihan steam yang terbentuk di dalam drum. Pengaturan kuantitas flow steam yang dikeluarkan melalui blow down tergantung dari pola pengoperasiannya, pada ebagian pembangkit pembuangan blow down steam dilakukan secara otomatis yaitu dengan memanfaatkan sinyal dari sensor TDS di dalam boiler drum untuk membuka blow down valve. Hal ini sangat efektif karena steam yang dibuang sesuai dengan jumlah TDS yang terdeteksi sehingga dapat menghemat biaya produksi. Perhitungan steam blow down dengan memanfaat sensor TDS dapat dihitung menggunakan persamaan berikut.

qBD = qS fc / (bc – fc)  

dimana,

qBD = blowdown floe (kg/h)

qS = konsumsi uap (kg/h)

fc = Total Dissolved Solids – TDS – di dalam air (ppm)

bc = maximum TDS yang diizinkan di dalam air boiler  (ppm)

Steam blow down juga dapat dihitung secara manual apabila tidak terdapat sensor TDS yang dapat dijadikan sebagai acuan perhitungan. Hal ini dapat dilakukan apabila steam blow down dikendalikan secara manual oleh operator. Untuk menghitung jumlah steam blow down yang keluar dapat dilakukan dengan menggunakan persamaan berikut.

Formula Perhitungan Steam Blow Down dimana,

G = Flow steam blow down (kg/h)

l = Panjang drum boiler (m)

R = Jari-jari boiler drum (m)

ρ = Spesific Density, fungsi dari tekanan dan temperatur boiler drum (kg/m³)

H₁ = Level air tertinggi di dalam boiler drum (m)

H₂ = Level air terendah di dalam boiler drum (m)

t = Interval data sampling (jam)

Persamaan-persamaan di atas telah diuji dengan pengukuran flow yang dideteksi oleh flow meter pada steam blow down, namun terkadang seorang engineer harus melakukan perhitungan secara manual untuk menvalidasi flow steam blow down yang keluar dari drum boiler. Selamat mencoba.

@BTN Ciaptuguran, Palabuhanratu

 

Leave a Reply