Tekanan

Tekanan atau pressure adalah gaya per satuan area (luasan ) permukaan nyata atau imajiner, yang dilakukan oleh suatu zat, dengan arah tegak lurus/vertikal.

Bila tekanan diukur relatif terhadap kondisi hampa sempurna, tekanan tersebut dinamai tekanan absolut (psia). Bila diukur relatif terhadap kondisi tekanan atmosfir (14.7 psi) disebut sebagai tekanan ukur (pressure gauge, psig). Skala pressure gauge lah yang dikembangkan dan digunakan  lebih lanjut karena hampir seluruh pressure gauge dinyatakan nol pada tekanan udara luar. Karena itu, pressure gauge atau tekanan-ukur digunakan untuk mengukur perbedaan tekanan antara tekanan dari suatu zat/fluida dengan tekanan udara luar.

Bila tekanan berada dibawah tekanan udara luar (atmospheric pressure) maka kondisi tersebut dinyatakan sebagai keadaan vakum.   Keadaan vakum sempurna berkaitan dengan tekanan nol absolut (zero absolut pressure). Harga dari tekanan absolut adalah positip semuanya, harga negatip akan menyatakan kondisi peregangan (tension) yang dalam hal ini tak mungkin terjadi bagi suatu zat atau fluida.

Pabs = Patm + Pgauge

Pabs = Patm – Pvac

Pressure

Pangsor tangsi, September, 21, 2014

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *