Pengenalan Software GateCycle (Bagian 2)

Design dan Off-Design

GateCycle menyediakan dua mode simulasi untuk tiap-tiap icon peralatannya yaitu mode Design dan Off-Design. Case dari model dapat digunakan sebagai dasar design dari suatu icon peralatan. Mode Design pada Gate Cycle digunakan untuk mengkalkulasi besaran fisik dan parameter design dari suatu icon peralatan dengan acuan perhitungan pada satu parameter performance khusus yang ditujukan pada icon peralatan tersebut. Sedangkan mode Off Design pada Gate Cycle digunakan untuk mengkalkulasi performance operasi dari sebuah icon peralatan dengan besaran parameter dari variabel terukur yang telah ditentukan. Misalnya menghitung efisiensi turbine dengan besaran parameter terukur enthalpi steam inlet-outlet.

Kedua mode simulasi tersebut dapat digunakan secara bersamaan dalam sebuah case model. Hal ini digunakan untuk menganalisis dan melakukan study terhadap perubahan kondisi unit dari kondisi defaultnya modifikasi dan atau repowering pembangkit.

Macro

Macro adalah sebuah fitur dalam Gate Cycle yang memberikan keleluasaan bagi user untuk memasukkan rumus perhitungan atau suatu variable masukkan dan variable control tersendiri dalam menganalisis kondisi di luar operasi atau kondisi-kondisi yang dikehendaki oleh user. Untuk membuat sebuah macro user membutuhkan ID dan nama variable dari icon peralatan.

CycleLink

Salah satu kelebihan Gate Cycle adalah terintegrasi dengan MS Excel melalui add ins yang disebut Cyclelink. Cyclelink merupakan software yang menghubungkan modeling Gate Cycle dengan sheet excel. User dapat menjalankan Gate Cycle, menginput data operasi dan me-generate design pada sheet excel tersebut, sehingga user akan lebih mudah dalam menganalisis sebuah data dan mendapatkan informasi tentang respon unit pembangkit tersebut terhadap inputan data yang bersifat dinamis.

Refrensi : Gate Cycle Manual

5 thoughts on “Pengenalan Software GateCycle (Bagian 2)”

Leave a Reply