Massa Dan Berat

Massa dari suatu benda adalah ukuran dari jumlah material yang membentuk benda tersebut, sedangkan berat suatu benda merupakan gaya yang bekerja pada benda , sebagai akibat dari medan gravitasi bumi. Massa dan berat dapat dinyatakan dalam hubungan persamaansebagai berikut :

W = (m.g)

Dimana :

W = Berat (N)

m = Massa (kg)

g = Percepatan gravitasi (10 m/s^2)

Dengan catatan bahwa berat   suatu  benda   adalah   gaya   yang  terjadi   bila   massa   benda  tersebut  dikenai percepatan gravitasi, sedangkan massa  dari   suatu  benda   akan  tetap   konstan   sekalipun  kecepatan  gravitasi   yang mempengaruhinya berubah besarannya, sesuai Hukum Kedua pergerakan dari Newton adalah sebagai berikut :

F ~ m. a

Dimana :

a = Percepatan (m/s^2)

m = Massa (kg)

Sistem British memakai pond-force (lbf) sebagai satuan berat, percepatan mempunyai satuan ft/sec^2. Dengan menggunakan Hukum Kedua Newton maka dapat ditentukan bahwa satuan dari massa adalah lbf-sec^2/ft, sedangkan 1 lbf-sec^2/ft dinamai 1 slug.

1slug = (1lbf – sec^2)/ft

Dimana, 1 lbf = 32.17 lbm–ft / sec^2

Akan tetapi secara lebih umum digunakan lbm (pound – mass). Agar lbm dipakai sebagai  sebagai satuan massa maka Hukum Kedua Newton   harus dibagi dengan konstanta gravitasi (gc), dengan persamaan sebagai berikut,

[32.17 (lbm–ft)]/[(lbm–sec^2)] ~ gc

Dimensi adalah pengertian dasar ukuran seperti panjang,waktu, temperatur dan massa. Satuan adalah sarana untuk menyatakan dimensi dengan angka, yaitu foot atau meter untuk panjang, jam atau detik untuk waktu, derajat F atau derajat K untuk temperatur. Pemakaian satuan dan dimensi secara tepat akan menghemat waktu dan menghindari kesalahan
Hukum Kedua Newton menyatakan bahwa gaya sebanding dengan laju perubahan momentum terhadap waktu. Untuk massa tertentu Hukum Kedua Newton dapat dinyatakan :

F = (m. a)/gc

gc adalah konstanta yang harga angka dan satuannya tergantung pada satuan-satuan yang dipilih untuk F, m dan a.

Pangsor tangsi, September, 20, 2014.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *