Sudut Fase Frekuensi Dan Periode

Sudut fase, frekuensi dan waktu menunjukkan kondisi dari masing-masing parameter utama pengukuran vibrasi. Ketiga kondisi tersebut dapat menentukan seberapa besar nilai dari suatu parameter terjadi setelah dilakukan pengambilan data vibrasi pada sebuah alat tertentu.

Sudut Fase

Sudut fase adalah posisi suatu bagian mesin yang sedang bervibrasi, dibandingkan dengan suatu point yang tetap (fixed point) dalam satuan sudut “derajat”. Tanpa adanya fixed point, sudut fase suatu vibrasi tidak dapat diamati.

Sudut FaseBerdasarkan gambar di atas, suatu poros yang sedang berputar mempunyai sebuah pemberat pada tepinya dan ditentukan fixed point pada titik A. Sedangkan pada gambar sisi kanan ditunjukkan posisi pemberat terhadap fixed point dalam satu kali putaran. Sudut fase  “derajat” ditentukan ketika pemberat melewati titik A melalui sudut 90, 180, 270, dan 360 derajat atau ditentukan pada saat kembali ke titik A lagi. Displacement terkecil (=0) terdapat pada sudut fase 0 dan 180 derajat, dan displacement terbesar (positif max/ min) terdapat pada sudut fase 90 dan 270.

Frekuensi.

Adalah jumlah gerakan bolak balik suatu vibrasi persatuan waktu. Contohnya semisal poros sedang berputar yang tepinya diberi pemberat (unbalance), maka akan dapat ditentukan bahwa nilai frekuensi adalah sama dengan putaran poros. Satuan frekuensi ialah cycle per minute (cpm) atau cycle per detik (Hertz). Hal ini untuk membedakan dengan satuan putaran yaitu rotation per minute (rpm).

Pada contoh poros yang berputar tersebut, frekuensi sama dengan putaran poros (rpm), namun hal ini belum tentu sama jika sumber vibrasi bukan dari berputarnya poros yang unbalance, seperti halnya misalignment, loosness dan sebagainya.

Periode.

Periode dalam vibrasi didefinisikan sebagai periode waktu yang diperlukan untuk melakukan satu gerakan bolak balik. Seperti halnnya pada poros yang berputar, yang disebut periode adalah waktu tempuh yang diperlukan untuk malakukan satu kali putaran.

: : Sambil makan anggur di Palabuhanratu, Sukabumi.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *