Evaluasi Unjuk Kerja Boiler (Direct Method)

Parameter-parameter unjuk kerja dari boiler seperti halnya effisiensi, rasio penguapan dan lain-lain akan selalu mengalami penurunan yang disebabkan oleh buruknya proses pembakaran, permukaan komponen heat transfer yang kotor, dan tentunya disebabkan juga oleh pengoperasian serta pemeliharaan yang tidak sesuai dengan SOP.

Perhitungan boiler effisiensi akan membantu seorang enjiner untuk mengetahui tingkat (%) efektifitas dari energi panas yang digunakan untuk mengkonversi feedwater menjadi steam, yang selanjutnya akan digunakan sebagai alat untuk memonitoring deviasi effisiensi boiler tiap harinya. Terdapat dua metode dalam menentukan boiler effisiensi, yaitu dengan metode langsung (direct method) serta metode tidak langusung (indirect method), keduanya memiliki kekurangan dan keunggulan pada masing-masing penggunaannya namun dalam pembahasan ini secara ringkas akan dipaparkan metode perhitungan effisiensi secara langsung.

Motede perhitungan effisiensi boiler secara langsung (direct method) atau biasa dikenal dengan sebagai metode input output, adalah menentukan effisiensi boiler secara cepat dengan menggunakan perbandingan antara panas yang dihasilkan oleh boiler berupa steam dengan laju inputan bahan bakar.

Direct Method Boiler

atau

Direct Method Boiler Formula

Keterangan :

 Gms = Laju aliran main steam ton/jam
 hg = Enthalpi saturasi feed water kj/kg
 hf = Enthalpi saturasi main steam kj/kg
 G fuel = Laju aliran bahan bakar batubara ton/jam
 GCV = Tipe batubara dan Gross Calorific Value kj/kg

Contoh perhitungan, click.

Beberapa kelebihan dan kekurangan dari metode perhitungan effisiensi dengan menggunakan metode langsung adalah sebagai berikut :

Kelebihan :

  1. Enjiner dapat secara langsung menentuan effisiensi dari boiler.
  2. Tidak membuthkan parameter perhitungan yang banyak.
  3. Hanya membutuhkan beberapa insturmen untuk memonitoring parameter.

Kekurangan :

  1. Enjiner tidak dapat mengetahui penyebab turunnya effisiensi secara detail.

Kontrakan Pangsor Tangsi, pagi hari bersama istri tercinta.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *